HATI-HATI CAMPAK DAN RUBBELLA - Sehat Dengan Cara Rasulullah

HATI-HATI CAMPAK DAN RUBBELLA


Campak adalah infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam di seluruh tubuh dan sangat menular. Campak bisa sangat mengganggu dan mengarah pada komplikasi yang lebih serius. Gejala campak mulai muncul sekitar satu hingga dua minggu "SETELAH" virus masuk ke dalam tubuh.

⛔️ Gejala Utama Campak

Gejala campak yang paling mudah terlihat adalah merah ruam, yang biasanya muncul antara 2-4 hari setelah timbulnya gejala lain.

Sebelum ruam muncul, orang yang terinfeksi telah merasakan gejala

❗️ sakit tenggorokan, batuk, dan bersin. (bahkan hidung beringus)
Ketika virus menyerang, virus juga dapat mempengaruhi kelenjar getah bening yang membuat kelenjar membengkak.
❗️ Demam tinggi, diare, dan
Sakit mata juga merupakan gejala umum.

Gejala campak biasanya akan berlangsung selama sekitar 7-10 hari.
Kebanyakan anak tidak akan memiliki masalah selama periode ini, sementara pasien dewasa mungkin merasakan nyeri sendi ekstrim.
Bercak atau ruam berwarna merah-kecokelatan akan muncul di kulit setelah beberapa hari kemudian. Urutan kemunculan bercak ini dari belakang telinga, sekitar kepala, kemudian ke leher.

Pada akhirnya ruam akan menyebar ke seluruh tubuh. Selain itu, penderita juga berpotensi mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher.

📋 Penyebaran Virus Campak

Bagi penderita campak, virus campak ada di dalam percikan cairan yang dikeluarkan saat mereka bersin dan batuk. Virus campak akan menulari siapa pun yang menghirup percikan cairan ini.

Virus campak bisa bertahan di permukaan selama beberapa jam dam bisa bertahan menempel pada benda-benda lain. Saat kita menyentuh benda yang sudah terkena percikan virus campak lalu menempelkan tangan ke hidung atau mulut, kita bisa ikut terinfeksi.

Campak lebih sering menimpa balita. Tapi pada dasarnya semua orang bisa terinfeksi virus ini, terutama yang belum pernah terkena campak.

Cara Pengobatan Campak

Sistem kekebalan tubuh manusia secara alami akan melawan infeksi virus ini. Tapi jika komplikasi terjadi atau infeksi campak menjadi sangat parah, perawatan di rumah sakit kemungkinan akan dibutuhkan.

Untuk mempercepat proses pemulihan, terdapat beberapa hal yang bisa membantu:

💦 Minum banyak air untuk mencegah dehidrasi.
🛌 Banyak istirahat dan hindari sinar matahari selama mata masih sensitif terhadap cahaya.
(utk menghindari kotoran/bengkak mata berlebih bisa konsumsi minyak ikan/fish oil)

🌿 Minum herba penurun demam dan pereda sakit. contoh sambiloto/pegagan (di kombinasikan dengan gamat+ madu insyaaAlloh akan membantu).

Komplikasi Campak

Komplikasi dari campak bisa sangat berbahaya. Meski jumlah penderita komplikasi campak cukup sedikit, penyakit ini harus tetap diwaspadai. (🚨jangan sampai kita lalai atau meremehkan ini terutama para orangtua muda) Contoh-contoh komplikasinya adalah :
1. radang pada telinga,
2. bronkitis, infeksi paru-paru (pneumonia),
3. dan infeksi otak (ensefalitis).

Kelompok orang yang berisiko mengalami komplikasi adalah:

⚠️ Bayi berusia di bawah satu tahun.
⚠️ Anak-anak dengan kondisi kesehatan buruk.
⚠️ Orang dengan penyakit kronis.
⚠️ Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Maka berlindunglah kita dari segala bentuk virus kepada Alloh azaa wa jalla apabila terlanjur mengalaminya mohon agar dikuatkan melawan virus tersebut.

Yang pertama adalah do'a dan tawakkal disertai ikhtiar, saya bahas ini karena sedang ada penggalakan vaksin yg berkaitan dgn hal ini.
Jika ada yg tak menyukai ataupun mengganggap ini tak membantu silahkan abaikan dan pilih jalan yg antum rasa lebih baik sebagai ikhtiar kita.

Saya tidak memaksakan namun utk mengatasi virus yg perlu diingat adalah tak ada satupun obat kimia yg mampu mengatasinya melainkan hanya daya tahan tubuh kita sendiri jadi fokuslah utk meningkatkan imunitasnya.


semoga bermanfa'at

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: