ANAK MENJADI PINTAR SETELAH JATUH DAN TRAUMA TERHADAP DOKTER - Sehat Dengan Cara Rasulullah

ANAK MENJADI PINTAR SETELAH JATUH DAN TRAUMA TERHADAP DOKTER



*Pertanyaan :*
Anak ana usia 11 tahun dulu waktu usia 6 tahunan pernah jatuh sekeluarga Pakai sepeda motor, yg lain luka luka. Anak ana ini hanya benjol dikepala.
Sekarang ana akan menceritakan kondisi nya Untuk mengikuti pelajaran anaknya mampu dan Alhamdulillah bisa unggul dari teman² nya. Akan tetapi perilakunya yang akan ana pertanyaan??
Putri ana trauma dengan dokter maupun perawat.. setiap periksa ke RS. Ketakutan.
Pernah mau jabut gigi... dokter gigi & perawat nya malah diamuk.. akhirnya setelah kejadian itu tidak pernah jabut ke dr gigi .
Dan putri ana punya gejala bronkitis... Jadi sering nebulizer.. ketika pertama kali nebulizer nangis kencang sekali...
Minta apa² harus segera dituruti kalau tidak akan marah².
Anaknya tidak bisa diajak bercanda...
Pernah suatu hari bertengkar dengan adiknya.. dia bersembunyi di bawah meja seperti orang ketakutan.
Kalau beli suatu barang itu tidak cukup 1/2 dok pasti lebih...
Sampai bolpoin itu punya lebih dari 2lusin mungkin... Kalau ditanya buat apa?? Tidak pernah mau menjawab...
Anaknya mudah sekali emosi..
Apa pengaruh pernah jatuh atau ada hal lain?
Apa perlu dikonsultasikan ke dokter psikologi??
Kalau dinasehati tidak pernah mau mendengarkan, dicuekin saja yg menasehati...

*Jawab :*
saran ana lebih baik di konsultasikan ke dokter atau psikolog, karena kemungkinan itu bisa d sebabkan atau efek dari trauma pasca kecelakaan.
jika ummah bersedia sebelum melakukan cek/pemeriksaan ke dokter ummah bisa melakukan pendekatan pada putra/putri ummah,ketika keadaan si anak tenang dan rileks coba di tanyakan kita buat jadwal pembahasan yg membuat anak resah di lihat dari beberapa rekasi anak.

1. tema 1 ketika bertemu dokter/ ketika berada d rumah sakit. dan ketika nebulizer, reaksi anak ketakutan. ummah tanyakan dengan pertanyaan yang santai tapi bisa membuat anak bercerita apa yang dia rasakan..

2.selang beberapa hari ummah bisa menanyakan kembali tema 2, anak bersembunyi di bawah meja ketika bertengkar. kenapa kaka bersembunyi di bawah meja tadi. apa yang kakak takutkan,,
jika kita sudah mengetahui jawabannya disitulah letak kecemasana anak ketika menghadapi situasi2 tersebut..usahakan ummah beri penjelasan dengan bahasa yg ringan..jika semuanya kini sudah baik2 saja,tidak ada yang perlu d khawatirkan dan di takutkan,ada abah dan ummah,ada Alloh yang selalu melindungi kita.

mengenai anak meminta sesuatu barang yang berlebihan itu bisa di karenakan efek dari kecemasan anak. anak merasa tidak cukup dengan 1 barang karena merasa cemas jika habis/ rusak, nanti bagaimana? dan tingkat kecemasan anak yang mengalami trauma lbih tinggi di bandingkan dengan anak yg tidak mengalami trauma. usahakan setiap waktu
doakan perlindungan anak dan tetap semangat dan sabar ya ummah berdoa terus meminta kemudahan kepada Alloh. semoga di beri kemudahan.amin,barokallohufikum


Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: