BAYI MENGELUARKAN DURI DIBAGIAN PUNGGUNG - Sehat Dengan Cara Rasulullah

BAYI MENGELUARKAN DURI DIBAGIAN PUNGGUNG


Benarkah bahwa tubuh bayi mengeluarkan duri seperti yg kini marak di dunia medsos?

Hal ini dijawab oleh dr Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC. Dosen dan praktisi kesehatan anak sekaligus Ketua Umum Sentra Laktasi Indonesia (SELASI).

Menurutnya, yang terjadi sesungguhnya adalah proses pijat bayi yang memang sudah terbukti bermanfaat meredakan tangisan bayi rewel, menenangkan serta membuat bayi tidur lebih pulas, meningkatkan selera menyusu dan daya tahan tubuh, juga mengatasi nyeri akibat ketegangan otot atau kolik pada bayi.

Biasanya, dokter menyarankan agar media yang dipakai saat memijat adalah minyak nabati. Misalnya seperti minyak kelapa(coconut oil), minyak zaitun (olive oil), minyak biji anggur (grape seed oil), minyak teh hijau (tea tree oil), dan sebagainya.

"Di  dalam video tersebut dioleskan air teh. Sebenarnya itu adalah suatu adat ataupun kebiasaan keluarga yang belum pernah dilaporkan menimbulkan efek samping yang merugikan bayi," ujarnya.

Sedangkan, ia juga menjelaskan bahwa 'serbuk kehitaman' yang diklaim dalam video sebagai duri yang dikeluarkan oleh tubuh bayi adalah rambut halus dan tipis yang disebut Lanugo. Lanugo tersebut sering kita jumpai tumbuh di kulit punggung hingga lengan atas bayi, terutama pada bayi kurang bulan atau prematur.

"Lanugo ini secara alami akan rontok di minggu-minggu pertama kehidupan," jelasnya. Hal ini sesuai dengan postingan di dalam video tersebut yang menyebutkan bahwa duri tersebut akan rontok dengan sendirinya dalam waktu 1-2 minggu.

Dokter Wiyarni menegaskan bahwa apa yang terlihat seperti duri halus berwarna hitam di punggung bayi tersebut sebenarnya karena warna teh pekat yang dioleskan di kulit bayi. Lanugo di punggung bayi melekat satu sama lain sehingga menjadi kelihatan tebal dan tajam.

Dokter yang juga bertugas sebagai Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ini menyarankan agar mengoptimalkan proses pemijatan tersebut dengan gerakan yang lebih lembut dari yang terlihat dalam video tersebut, "selain itu, sangat disarankan agar pijat bayi dilakukan oleh ayah bunda secara rutin untuk  mempererat bonding (ikatan orangtua dan anak)."


Jadi Parents, Anda tetap bisa mempraktekan pijatan ini dengan minyak nabati favorit keluarga dan dengan pijatan yang lebih lembut ya. Sekalipun tak menampakkan seolah tubuh bayi mengeluarkan duri, namun manfaatnya sama kok.

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: