SEMUA TENTANG STROKE - Sehat Dengan Cara Rasulullah

SEMUA TENTANG STROKE


Stroke (bahasa inggris; stroke, cerebrovaskular accident,  CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba² terganggu.  Dalam jaringan otak,  kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia,  yang dapat merusakkan atau mematikan sel saraf-saraf otak.

Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Bila dapat diselamatkan,  kadang² penderita mengalami kelumpuhan di anggota badannya,  hilangnya sebagian ingatan atau kemampuan bicaranya. 

Beberapa tahun belakangan ini makin populer istilah serangan otak.  Istilah ini berpadanan dgn istilah yg sdh dikenal luas , "serangan jantung".

Stroke terjadi karena cabang pembuluh darah terhambat oleh emboli.  Emboli bisa berupa kolesterol atau udara.

1. Stroke hemorragik.  Dalam stroke hemorragik,  pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yg normal dan darah merembes ke dlm suatu daerah otak dan merusaknya.

Pendarahan dpt terjadi diseluruh bagian otak seperti caudate putamen; talamus; hipokamus; frontal; parietal; hipotalamus; cerebellum; midbrain; occipital cortex dan seterusnya.

Hampir 70% kasus strike hemorragik menyerang penderita hipertensi.

2. Stroke iskemik
Dalam stroke iskemik, penyumbatan bisa terjadi di sepanjang jalur pembuluh darah arteri yg menuju ke otak.  Darah ke otak disuplai oleh dua arteria karotis interna dan dua arteri vertebralis.  Arteri carotis interna merupakan cabang dari arteri subclavia.

๐Ÿƒ๐ŸƒTanaman obat๐Ÿƒ๐Ÿƒ

Yg direferensikan:

☘️ menghilangkan bekuan darah: Daun dewa / Gynura segetum

☘️stimulan jantung: Sambiloto /.androgaphis paniculata

☘️stimulan sirkulasi dan syaraf: Pegagan / centeka asiatica

☘️menurunkan kolesterol: Rosella / Hibiscus sabdarifa

☘️stimulan sirkulasi: Mengkudu / Morinda citrifolia

⛔️Pantangan Stroke⛔️

⚠️ makanan / minuman berkadar lemak (jenuh) dan kolesterol tinggi.  Cobalah untuk membatasinyasebab kalau berlebihan akan menimbulkan ATEROSKLEROSIS atau pengapuran/pengerasan pembuluh darah yg akan menghambat aliran darah ke otak.

⚠️ makanan/minuman yg berkadat garam tinggi.  Berefek meningkatkan ketegangan kontraksi pembuluh darah,  batasilah mengkonsumsinya dgn mengurangi makan camilan,  gorengan dan makanan yg diolah dgn menggunakan garam seperti makanan kalengan dan diawetkan.

⚠️ makanan yg mengandung ethanol/ alkohol seperti durian.


⚠️ makanan/minuman berkadar gula tinggi.  Diketahui kegemukan dan diabetes akan mempengaruhi pembuluh darah arteri dan hipertensi serta dapat mengakibatkan penyakit stroke.

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: