KHASIAT MINYAK ZAITUN - Sehat Dengan Cara Rasulullah

KHASIAT MINYAK ZAITUN


Banyak sekali keistimewaan dan khasiat yang terkandung di dalam minyak Zaitun. Buah yang banyak tumbuh di Palestina ini memang sudah mendapatkan rekomendasi langsung dari Tuhan kita, Alloh. bayangkan saja saat kita menderita sakit dan kemudian kita mendapatkan rekomendasi obat mujarab dari seorang dokter, maka kita akan merasa bahagia dan senang dengan resep dan rekomendasi itu. Bahkan mungkin kita akan meyakini bahwa yang menyembuhkan adalah obat itu, bukan dokter. Dan parahnya lagi kita sering melupakan kekuatan Alloh yang menyembuhkan kita dari penyakit ini.

Nah, tahukan anda? Bagaimana kebahagiaan seorang Muslim saat Alloh dan Rosul-Nya merokemendasikan suatu obat untuk solusi penyakit kita? Tentu bagi jiwa-jiwa yang beriman, hal ini adalah merupakan kabar gembira yang tiada taranya.

Dan diantara obat Islami yang direkomendasikan oleh Alloh adalah minyak Zaitun. Ada banyak manfaat dan keistimewaan yang terkandung dalam minyak Zaitun.

Pasti Anda sudah sering mendengarnya, bukan? Selama ini minyak zaitun kerap dianggap sebagai minyak tersehat yang memiliki lebih banyak manfaat. Tidak heran jika harganya pun berbeda jauh dari minyak goreng biasa. Anggapan itu tidak salah. Dari segi medis, minyak zaitun mungkin berkhasiat mengatasi dan mencegah penyakit-penyakit tertentu.

Kadar lemak yang terdapat pada 100 gram minyak zaitun adalah 100 gram. Meski tinggi lemaknya, minyak zaitun tetap sehat karena hanya 14 persen dari lemak itu berjenis lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tidak jenuh yang dianggap menyehatkan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung vitamin E, vitamin K, omega-3 dan omega-6.

Meski menyehatkan, Anda tetap harus membatasi asupannya karena kadar kalori per 100 gram-nya adalah 885 kilokalori. Gunakan minyak zaitun dengan bijak agar Anda bisa mendapatkan khasiat baiknya. Inilah beragam manfaat minyak zaitun bagi kesehatan.

Pertama: Kolesterol tinggi. Manfaat minyak zaitun yang sering dikenal masyarakat adalah bisa menurunkan kolesterol. Kemungkinan kadar kolesterol Anda akan menurun jika mengonsumsi minyak zaitun. Minyak ini mengandung campuran antioksidan yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (atau LDL), namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (yaitu HDL) dalam tubuh Anda. Jika Anda ingin mencoba menurunkan kolesterol memakai minyak zaitun, Anda bisa mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun tiap hari. Anda bisa mencampurkannya dengan salad.

Manfaat yang Kedua, untuk Penyakit jantung. Risiko Anda terkena penyakit jantung mungkin bisa menurun jika mengonsumsi minyak zaitun. Tidak hanya itu, sepertinya mengonsumsi empat sendok makan minyak zaitun tiap hari juga bisa mencegah terjadi serangan jantung.

Manfaat Ketiga, untuk Tekanan darah tinggi. Minyak zaitun jenis extra virgin bisa membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Manfaat Yang Keempat, untuk Kanker payudara. Pendengar. Untuk para wanita, disarankan mengonsumsi minyak zaitun karena minyak ini dapat menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Manfaat yang Kelima, Mengandung banyak Vitamin E, A, D, dan K. Dalam darah sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan kadar mineral dalam tubuh anak-anak dan orang dewasa. Ia memperkuat tulang-belulang dengan cara menstabilkan kalsium. Minyak zaitun merupakan unsur vital dalam membangun organisme-organisme tubuh. Unsur-unsur antioksidan semacam ini dan asam-asam lemak seperti asam linoleik, yang sangat penting bagi manusia, memperbanyak hormon dan sintesis membran sel-sel biologis. Karena vitamin-vitamin ini memperbaharui sel, mereka juga digunakan untuk mengatasi keluhan-keluhan yang terkait dengan usia seseorang dan perawatan kulit.
Karena vitamin memberi sumbangan pada pertumbuhan otak dan jaringan saraf bayi sebelum dan sesudah kelahiran, satu-satunya rekomendasi para spesialis kepada para ibu adalah minyak zaitun. Di samping memiliki satu peringkat asam linoleik yang sangat mirip tarafnya dengan ASI, minyak zaitun berfungsi sebagai sumber nutrisi alami seperti halnya ASI bila dicampur dengan susu sapi bebas lemak. Sebagai harta milik kesehatan yang penting, minyak zaitun, mujarab untuk mengatasi penyakit-penyakit jantung dan saluran darah. Sehubungan dengan segala kemanjuran dan kemanfaatan itu, minyak zaitun telah menarik perhatian para spesialis kesehatan dalam kurun tahun terakhir ini.

Profesor Asman, Ketua Akademi Studi Arteriosclerosis di Universitas Monstar, Jerman, dia merupakan peneliti paling menonjol di dunia di bidang kedokteran dan arteriosclerosis, ia berkata, “mengkonsumsi minyak zaitun bisa melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker lainnya, di antaranya kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.”

Berapa Lama Minyak Zaitun Bisa Digunakan?
Ada produk minyak zaitun yang bertahan tiga bulan dari proses produksi. Namun ada juga yang bisa bertahan hingga dua tahun. Meski begitu, manfaatnya lebih baik jika Anda habiskan tidak lebih dari setahun. Menurut penelitian, kadar antioksidan pada minyak zaitun akan turun drastis setelah disimpan selama setahun, meski Anda telah menyimpannya dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun hingga maksimal, sebaiknya Anda membeli minyak zaitun yang kira-kira bisa habis dalam periode setengah tahun. Simpan kemasan di tempat yang gelap, jauhkan dari cahaya, dan hindari dari hawa panas. Sebaiknya simpan pada botol kedap udara atau kaleng logam.

Anda juga bisa menyimpannya di lemari es. Namun, minyak zaitun bisa berubah tekstur dan warna ketika didinginkan. Anda tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak memengaruhi kualitas minyak zaitun. Kondisi tersebut bisa kembali seperti semula ketika minyak zaitun ditempatkan di suhu ruangan.

Apakah Anda ingin mencoba minyak zaitun? Anda bisa membelinya di supermarket terdekat. Pastikan produk yang Anda beli telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Perhatikan pula tanggal produksi pada kemasan untuk mengetahui batas pemakaian minyak zaitun. Jika Anda ragu, konsultasikan kepada dokter.              

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: