SERING SESAK NAFAS HINGGA PINGSAN - Sehat Dengan Cara Rasulullah

SERING SESAK NAFAS HINGGA PINGSAN



*Pertanyaan :*

Saya ibu rumah tangga usia 24 tahun dengan 4 orang anak.
Di usia 13 tahun saya pernah jatuh pingsan disusul sesak nafas.
Sejak itu, jika saya sedang sedih berat, khawatir, marah, atau takut; saya sering mengalami sesak nafas, terkadang sampai tubuh ana kaku.
Sesekali saya masih bisa menenangkan diri, sehingga rasa sesak berangsur hilang. Terkadang semakin parah dan bisa berlangsung hingga berjam-jam, membaik, kemudian sesak lagi, begitu sampai beberapa hari; di waktu ini saya jadi mudah kaget dan dibayang-bayangi perasaan yang menyebabkan ana sesak tadi.

Namun, sesak nafas saya juga terjadi bila saya terlalu lelah atau melakukan kegiatan yang menguras tenaga, juga ketika saya sedang hamil.

Beberapa kali saya pernah dibawa periksa ke RS terdekat ketika sesak nafas, (yang memeriksa dokter umum) katanya sesak nafas nya karena kelelahan pikiran dan atau fisik. Dan tidak diberi obat apapun. Hanya diberi oksigen hingga membaik.

Pertanyaan saya, apakah sesak nafas saya bisa sembuh? Adakah obat atau terapi nya? Benarkah ini termasuk gejala penyakit kejiwaan tertentu?

*Jawab*

afwan sebelumnya ana sampaikan dulu untuk penyembuhan sesak nafas waAllohu a'lam karena itu bukan ranah ana. disini kita hanya bisa ikhtiar selanjutnya pasrahkan kepada Alloh.

untuk sesak nafas yang ummah alami adalah bisa di sebabkan efek samping dari rasa kecemasannya pikiran yang tegang dan lelah fisik (di sebabkan kesibukan mengurus anak, rumah,dan suami).

perlu di ketahui bahwa fisik dan psikis itu saling berhubungan erat satu sama lain, jika psikis kita sedang mengalami masalah maka akan berpengaruh pada fisik kita (misal,ketika kita panik dan cemas maka jantung berdebar,nafas tersengal sengal, mual hingga muntah). begitu juga dengan ketika fisik kita melemah maka akan berpengaruh pada psikis terutama mood/afeksi/rasa/perasaan (mudah lelah,malas, sensitif,bahkan sampai berhalusinasi).

rasa kaget yang sering ummah rasakan ini adalah efek dari rasa ketakutan yang ummah pendam,sehingga ummah cemas dengan suara yang tiba2 muncul,dll,

ummah bisa melakukan terapi dengan cara ummah temukan akar permasalahannya dulu,apa yang ummah takutkan sehingga ummah merasa di bayang2 bayangi. coba ummah tulis di kertas atau kita menggunakan cara dengan terapi bicara, disini ana sangat menyarankan untuk melibatkan pasangan/suami,karena suami juga berperan penting dalam menjaga psikis, terutama perasaan pasangannya/istri, bicarakan kepeda suami. ketika suami keadaan santai ajak bicara apa yang ummah rasakan. karena suami disini bukan hanya sebagai pemimpin saja tapi juga sebagai patner kita, suami butuh kita,kita juga butuh suami. jangan malu untuk bercerita,ceritakan dan curahkan semua apa yang ada di dalam hati ummah,mudah2an bisa sedikit mengurangi beban dari perasaan yang selama ini ummah rasakan.

jangan lupa juga untuk tetap menjaga rumah dan isinya dg dzikir,dan membaca al qur'an.
waAllohu a'lam, barokallohufikum.


Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: