CARA ALAMI AWET MUDA - Sehat Dengan Cara Rasulullah

CARA ALAMI AWET MUDA

Paling menakutkan bagi sebagian perempuan ketika mereka menemukan tanda-tanda penuaan ya bila kita masih diusia muda/produktif kita masih akan mengabaikannya.

Namun lihat apa yg akan anda alami saat terjadi proses penuaan itu dimulai hmm kulit sdh mengeriput lagi kusam, otot tak sekencang dulu, dan senyum anda akan berbekas karena garis kerutan yg semakin nampak. Ya kita semua akan mengalaminya itu memang sunnatulloh.
Namun tak sedikit juga orang yg masih terlihat jauh lebih muda dr usia ataupun terlihat tak nampak dengan usianya, wow kita semua pasti iri dibuatnya fitrah manusia ingin terlihat baik.

Saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bagaimana mempertahankan kesegaran tubuh agar nampak selalu segar dan muda dr usia antum, meskipun hal ini akan terasa berat bagi jiwa yg lemah dan akan terasa ringan utk dilakukan bagi jiwa yg kuat.

Husnudzhon (berpikir possitive)

Berpikir positif dapat membuatmu lebih tenang. Pikiran yang positif adalah kunci utama untuk tetap awet muda. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Kentucky menemukan bahwa kondisi emosi positif seseorang pada usia dini akan membantu menghilangkan rasa cemas dan dapat memperpanjang usia.

Mulailah untuk mengurangi emosi negatif dan perbanyak berpikir positif. Karena pikiran yang positif dapat membuat otak kita tidak tertekan sehingga kita akan menjadi lebih tenang.

Dari Abu Hurairah ra, Rasululloh shollallohu alaihi was sallam bersabda, Alloh berfirman:

“Aku (Allah) sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku.” (Muttafaqun ‘alaih).

semoga kita semua bisa berpikir positif dlm segala situasi, dan ini memang sdh kewajiban muslim utk mengamalkannya.

Mengelola Stress

Stress berpengaruh besar terhadap penuaan, saya pun mengalaminya (siapa yg tdk pernah). Sebagian besar stress disebabkan dari kebiasaan diri sendiri, yang sering disebut dengan pola pikir reflektif.

Bentuknya seperti mengkhawatirkan tentang masa depan dan menyesali masa lalu. Sebenarnya, pola pikir ini sangatlah tidak berguna. Apabila pola pikir ini mendominasi dan menguasai emosi kita, maka kita akan mengalami kondisi stress.

Sam Harris, dalam bukunya yang berjudul "Waking Up", menulis bahwa hal yang dapat kita lakukan untuk mengelola stress adalah dengan membebaskan diri kita dari pola pikir yang merusak dan berlatih untuk berpikir secara sederhana. Yaa... sederhana saja tawakkaltu allalloh seorang muslim pasti faham akan hal ini.

Salah satunya caranya adalah berlatih untuk membedakan pikiran dan kekhawatiran yg merupakan was² dr syaithon. Perbedaannya memang sangat tipis, namun efeknya sangat kuat.

Disini kita akan sadar tentang hal-hal yang kita pikirkan, yang sebenarnya bukanlah sebuah realita, melainkan pikiran yang kita buat sendiri. Berdasarkan pengalaman pribadi semoga antum bisa mencobanya.

Olahraga teratur

Jaga kesehatanmu dengan berolahraga secara teratur.
Kondisi kesehatan yang buruk merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan.

James M. Rippe, M.D seorang cardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute memaparkan bahwa lansia yang memiliki kesehatan jantung yang baik jauh lebih sehat dibandingkan dengan seseorang yang berusia muda namun tidak aktif secara fisik. 


Cobalah untuk berolahraga secara teratur agar kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit. saya selalu melungkan 30menit berolahraga setiap harinya (didalam rumah tentunya). harus berkeringat ya. 

Terkadang sesekali jalan atau lari outdoor, namun ini diluar dr 30menit yg rutin/wajib tadi.

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: