HISTAMIN - Sehat Dengan Cara Rasulullah

HISTAMIN


Histamin adalah bahan kimia yang ditemukan di beberapa sel-sel tubuh - menyebabkan banyak gejala alergi, seperti pilek atau bersin.

Obat-obatan yang dikenal sebagai antihistamin dapat memblokir atau membatasi pelepasan histamin untuk mengurangi intensitas reaksi kekebalan.

Ketika seseorang alergi terhadap zat tertentu, seperti makanan atau debu, sistem kekebalan tubuh secara keliru percaya bahwa zat biasanya tidak berbahaya ini sebenarnya berbahaya bagi tubuh.

Dalam upaya untuk melindungi tubuh, sistem kekebalan tubuh mulai reaksi berantai yang meminta beberapa sel-sel tubuh untuk melepaskan histamin dan bahan kimia lainnya ke dalam aliran darah.

Histamin kemudian bekerja pada mata seseorang, hidung (bersin), tenggorokan, paru-paru, kulit(gatal), atau saluran pencernaan(diare), menyebabkan gejala alergi.

Anda mungkin pernah mendengar tentang obat antihistamin – ini membantu untuk melawan gejala yang disebabkan oleh pelepasan histamin selama reaksi alergi.

Pelepasan histamin merupakan respon biologis yang di mediasi oleh sistem kekebalan tubuh sebagai respon terhadap alergen tertentu dan pemicu lain dari lingkungan luar atau tubuh sendiri.

Histamin ada didalam tubuh kita semua yaa ukhti ya akhi..  Mengapa ia dilepaskan oleh tubuh adalah sebagai bentuk reaksi sebagai upaya perlindungan diri dari hal-hal yg dianggap asing oleh tubuh /memicunya.

Seperti kita makan makanan yg memicu alergi,  maka histamin dari dalam tubuh akan keluar.

Adapun sensasi gatal ketika kita berbekam itu juga adanya pelepasan histamin tubuh yg menganggap adanya benda asing yang berusaha masuk melalui pori-pori tubuh, dan melepaskan histamin sehingga ada rasa gatal di area pembekaman.

Hal tersebut merupakan indikasi bahwa orang tersebut memiliki alergi,  ataupun sensitif tubuhnya/ imunnya lemah.


Semoga manfa'at😊

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: