MANFAAT MAKAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN - Sehat Dengan Cara Rasulullah

MANFAAT MAKAN MENGGUNAKAN TANGAN KANAN



Setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, ternyata menggunakan tangan ketika makan bisa menjadi jauh lebih sehat jika dibandingkan kita menggunakan sendok.

Hal ini disebabkan karena pada tangan kita ternyata ada sebuah enzim yang amat berguna, yaitu enzim yang bernama 👉🏼RNase.

Enzim ini memiliki kemampuan untuk menurunkan aktivitas dari banyak bakteri yang ada di tangan saat kita makan.

Enzim ini juga ternyata mampu melakukan proses depolarisasi pada RNA, tapi tetap harus diingat🤗 bahwa kita harus MENCUCI bersih dulu tangan kita sebelumnya. Masya Alloh, betapa luar biasa manfaat makan pakai tangan.

Justru menggunakan sendok ternyata tidak begitu aman. 😱

Ketika kita sudah kotor karena beraktivitas, mungkin kita kira sendok merupakan sebuah alternatif yang baik untuk menjadi alat bantu kita makan, tapi ternyata dalam kondisi kelembaban dan temperatur tertentu, pertumbuhan bakteri dan uap air pada udara mampu menempel di sendok dan membuatnya menjadi jauh lebih berbahaya daripada menggunakan tangan.

Memang, bisa kita buat sendok tadi menjadi steril, tapi kita harus dengan baik membersihkannya, dan memastikan tidak ada lagi kuman yang menempel.

️Beberapa Kelebihan Makan Menggunakan Tangan

Ternyata selain makan menggunakan tangan bermanfaat bagi kesehatan, kegiatan ini memiliki banyak manfaat lain yaitu:

• Tangan kita lebih peka terhadap bakteri-bakteri yang ada

Tangan kita dipercaya memiliki kepekaan lebih tinggi terhadap bakteri di sekitar kita, dan dengan adanya RNase pada tangan, ia akan menguraikan bakteri tersebut hingga menyebabkan mereka tidak lagi menjadi aktif.

• Adanya syaraf langsung dari tangan yang terhubung ke otak

Pada tangan, ada jaringan syaraf yang langsung terhubung pada otak. Mengapa hal ini penting? Karena ketika kita merasakan suhu dengan ujung jari maka otak juga akan menerima transmisi ini sehingga badan akan lebih siap terhadap suhu dari makanan tersebut.

• Tangan sebagai perantara hati ketika kita sedang makan

Makan dengan tangan bisa membuat kita lebih menikmati makanan yang sedang kita santap.

Setelah mengetahui fakta-fakta tersebut, nampaknya hanya ada satu yang bisa kita katakan. Masya Alloh, betapa luar biasa manfaat makan pakai tangan.

Di antara sunnah Nabi, adalah makan dengan menggunakan tangan kanan dengan tiga jari.

Diriwayatkan dari Ka’ab bin Malik, dari bapaknya, beliau mengatakan; “Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam itu makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR Muslim)

Tentang hadist di atas, Ibnu Utsaimin r.a mengatakan:

“Dianjurkan untuk makan dengan tiga jari, yaitu jari tengah, jari telunjuk, dan jempol, karena hal tersebut menunjukkan tidak rakus dan ketawadhu’an. Akan tetapi hal ini berlaku untuk makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari.

Adapun makanan yang tidak bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari, maka diperbolehkan untuk menggunakan lebih dari tiga jari, misalnya nasi.


Namun, makanan yang bisa dimakan dengan menggunakan tiga jari maka hendaknya kita hanya menggunakan tiga jari saja, karena hal itu merupakan sunnah Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam.” (Syarah Riyadhus shalihin Juz VII hal 243)

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: