Tips Menangkal Batuk Dan Pilek - Sehat Dengan Cara Rasulullah

Tips Menangkal Batuk Dan Pilek


Influensa atau yang lebih dikenal dengan flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga mempengaruhi kerja hidung, tenggorokan bahkan paru-paru. Penyakit Flu dapat dengan mudah mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain dengan melalui berbagi cara seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga batuk dan bersin. (Kuman flu tidak peduli apakah mereka menyebar melalui sentuhan ataupun udara, asalkan mereka dapat masuk ke dalam tubuh anda). Oleh karena itu, anda harus hati-hati dengan virus ini.  Pada pertemuan kita kali ini akan membahas tips-tips menangkal Batuk dan filek.

Batuk dan pilek merupakan penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat dan sangat mudah menyebar. Tapi ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk menangkal batuk pilek.

Umumnya, batuk dan pilek menyebar melalui tetesan bakteri atau virus yang terbang di udara. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis virus lebih yang bisa menyebabkan kondisi ini.

Orang dewasa akan mengalami pilek sekitar 2-5 kali dalam setahun, sedangkan anak-anak bisa 5-10 kali dalam setahun. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah batuk dan pilek, Diantaranya yaitu:

Pertama, Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan
Virus flu kebanyakan disebarkan melalui kontak langsung, Oleh karena itu, menjadi hal yang paling penting untuk rajin mencuci tangan dengan sabun atau larutan anti bakteri dan air mengalir. Serta hindari pula menggosok mata atau hidung jika belum mencuci tangan,  Virus flu masuk melalui mata, hidung, atau mulut. Menyentuh wajah adalah cara paling yang sering menularkan pilek dari orang tua kepada anak-anaknya.

Kedua, adalah Minum cairan Secukupnya
Tubuh manusia menggunakan cairan untuk menyaring limbah yang terakumulasi, sehingga menghasilkan sistem yang sehat secara keseluruhan. Jika mengalami pilek atau batuk, cobalah mengonsumsi jus buah-buahan yang kaya akan fitamin c. Selain menambah cairan tubuh, buah-buahan yang kaya akan vitamin C bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga bisa menangkal kita dari batuk dan filek.

Ketiga, tidak merokok dan hindari asap rokok,
Selain hukum rokok haram. Asap rokok yang terhirup bisa mengiritasi tenggorokan sehingga akan memperparah gejala yang muncul. Statistik menunjukkan bahwa perokok berat menderita pilek lebih sering dan lebih parah.

Begitu pula perokok pasif. Asap rokok mengeringkan hidung dan merusak rambut-rambut halus yang melapisi selaput lendir pada hidung dan paru-paru. Rambut-rambut ini berfungsi untuk memfilter virus flu di saluran hidung. Penelitian menunjukkan 1 batang rokok melumpuhkan kinerja rambut-rambut ini selama 30-40 menit.

Keempat, Bawalah tisu saat bepergian
Simpanlah tisu yang bisa digunakan saat berada di tempat umum atau disekitar orang lain, serta menjaga jarak dengan orang yang memiliki gejala-gejala batuk pilek. karena tiga hari pertama merupakan waktu yang paling menular.

Kelima,  Melakukan istirahat yang cukup,
Stres dan kurang istirahat bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga lebih mudah tertular penyakit. Istirahatlah yang cukup dan usahakan agar tidak kurang tidur. Karena ketika tidur, otak akan beristirahat dan tubuh mengisi ulang energi serta melawan setiap infeksi.

Tips keenam, Mengonsumsi makanan tertentu
Saat kondisi tubuh anda melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh anda akan melemah. Oleh karena itu, asupan vitamin dan mineral sangat diperlukan untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh dan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit
Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan buah-buahan yang kaya vitamin seperti jeruk bisa memberikan nutrisi dan vitamin, yang membantu tubuh melawan infeksi serta meningkatkan kekebalan tubuh. Beberapa makanan diketahui bermanfaat untuk mengatasi batuk seperti bawang mentah berguna menghilangkan dahak, akar kunyit untuk batuk kering, dan secangkir jus anggur yang dicampur 1 sendok teh madu disarankan untuk mengatasi batuk.
Ketujuh, Melakukan aromaterapi
Prinsip dari aromaterapi adalah menghirup aroma yang berbeda-beda. Dengan menghirup suatu uap bisa efektif mencairkan lendir dan mengurangi iritasi, serta menghirup minyak esensial dapat menstimulasi paru-paru untuk mengusir dahak kita.
Kedelapan, Melakukan olahraga secara teratur,
Olahraga bisa membuat tubuh mendapatkan udara segar dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berjalan, berlari, berenang, dan olahraga aerobik lainnya membuat jantung memompa darah;  Anda bernapas lebih cepat untuk membantu mentransfer oksigen dari paru-paru ke darah, dan membuat tubuh anda memanas sehingga berkeringat. Ini membantu meningkatkan daya tahan alami.


Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: