PENGERTIAN DAN PENYEBAB KOLESTEROL DAN TRIGLISERIDA - Sehat Dengan Cara Rasulullah

PENGERTIAN DAN PENYEBAB KOLESTEROL DAN TRIGLISERIDA



Perbedaan kolesterol dan trigliserida sering tidak diketahui oleh masyarakat. Banyak yang menganggap trigliserida sama dengan kolesterol yang selama ini dikenalnya. Namun siapa sangka jika kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Trigliserida memang akan dimasukkan dalam  pemeriksaan kolesterol. Namun bukan berarti trigliserida memiliki komponen yang sama dengan kolesterol. Keduanya memang sama-sama lemak.

Kolesterol dan trigliserida bisa dikatakan sebagai saudara. Karena keduanya merupakan jenis-jenis lemak yang ada di dalam tubuh manusia dan bergabung bersama dengan darah manusia. Meski disebut sebagai saudara namun kolesterol dan trigliserida memiliki fungsi yang berbeda.

Kolesterol

Kolesterol adalah lemak sterol yang di dalamnya terdapat membran sel. Dalam batas normal kolesterol berfungsi sebagai pembangun sel dan juga hormon di dalam tubuh. Kelebihan lemak sterol jahat akan sangat berbahaya bagi tubuh. Terutama menyebabkan penyakit yang diakibatkan karena kadar kolesterol tinggi seperti berikut :

Gagal
❗️ Jantung
Stroke
❗️ Parkinson
Xanthomas
❗️Hiperkolesterolemia

Penyebab Kolesterol LDL Tinggi

Penyebab kolesterol tinggi berasal dari makanan mengandung minyak(gorengan🙊), lemak jenuh dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi secara berlebihan.

Makanan itu misalnya jeroan, kulit daging ayam maupun daging lainnya, seafood, camilan dan masih banyak lagi lainnya. Pola hidup tidak sehat seperti merokok dan meminum-minuman keras sangat tidak baik untuk kolesterol tubuh.

Trigliserida

Trigliserida adalah lemak darah yang dihasilkan dari proses penguraian makanan pada tubuh. Selain itu trigliserida berfungsi sebagai penghasil energi untuk tubuh. Makan berlemak di dalam tubuh dan makanan yang mengandung lemak sterol tidak dapat diuraikan sehingga akan mengendap di dalam hati. Sejumlah penyakit akibat tingginya kadar trigliserida adalah sebagai berikut :

Penyempitan pembuluh darah
❗️ Impotensi pada pria(oops)
Diabetes
❗️ Gangguan sistem metabolik tubuh.

Penyebab Trigliserida Tinggi

Hal-hal di bawah ini akan membuat lemak darah di dalam tubuh menjadi meningkat dan tidak bisa dikendalikan. Untuk mengatasi kadar lemak darah yang tinggi sebaiknya menghindari gaya hidup tidak sehat.

⚠️Hipotiroidisme adalah penyebab tingginya kadar trigliserida, kondisi ini dimana kelenjar di tiroid hanya menghasilkan sedikit hormon tiroid.
⚠️Ginjal akan kehilangan fungsi untuk membuat kandungan garam seimbang, juga fungsi ginjal untuk menyeimbangkan mineral dalam darah juga terganggu. Akibatnya ginjal membuang sampah tubuh dan juga cairan tubuh yang berlebihan sehingga ginjal tidak bisa mengatur lemak darah.


⚠️Mengkonsumsi obat-obatan tertentu ( beta-blockers, steroid, tamoxifen, diuretik, pil KB (bu ibuk yg masih minum kb, siapa ayo)) bisa membuat kadar lemak darah menjadi tinggi.

Silahkan Share Ke Sosial Media Anda :)

Subscribe to receive free email updates: